Jumat, 17 Februari 2012

TAROMBO MARGA MANALU

manalu adalah salah satu marga yang ada di Suku Batak Toba,yang telah beranak cucu dan mendiami hampir seluruh penjuru dunia ini,karena keterbatasan informasi tentang tarombo dan sejarah nenek moyang Manalu pada saat ini saya marga Manalu merasa terpanggil untuk berbagi informasi kepada generasi sekarang bisa dikatakan hampir tidak mengetahui tarombonya dan sejarah nenek moyangnya,tapi atas segalanya atas segala kekurangan blog ini saya mohon kritk dan saran dari para orang tua saya Manalu,atau pun yang mempunyai history dengan Manalu untuk kritik dan saran untuk perbaikan dan keakuratan informasi ini,Horas...

SIRAJA BATAK
1.Guru Tatea Bulan
2.Raja Isumbaon

RAJA ISUMBAON
1.Tuan Sorimangaraja
2.Raja Asi Asi
3.Songkar Somalidang

TUAN SORIMANGARAJA
mempunyai 3 istri

1.Dari istri 1(Siboru Anting Sabungan/siboru paromas)
lahir lah Tuan Sorba Dijulu atau Oppu Tuan Nabolon,atau nama populernya sekarang PARNA(Pomparan ni Raja Nai Ambaton)
yang melahirkan lebih dari 50 cabang marga..

2.dari istri ke-2 yang bernama Boru Sibiding Laut(Putri dari Guru Tatea Bulan)
lahirlah Tuan Sorba Dijae atu sering juga disebut Nai Rasaon,yang melahirkan cabang cabang marga seperti:
1.Sitorus
2.Sirait
3.Butar butar
4.Manurung

3.dari istri ketiga yang bernama Nai Suanon/Nai Tungkaon/Siboru Parsanggul Haomason lahirlah Tuan Sorba Dibanua

TUAN SORBA DIBANUA
mempunyai 8 orang anak:
1.Sibagot ni Pohan(cikal bakal simanjuntak,siahaan,sianipar,siagian panjaitan dsb)
2.Sipaet Tua(sibarani,sarumpaet,dst)
3.siraja huta lima(berketurunan marga marga fakfak)
4.silahi sabungan(sihaloho,tambunan,nadapdap,sidebang dsb)
5.siraja oloan(naibaho,sihotang,bakkara,sihite,sinambela,simanullang)
6.raja sumba
7.raja sobu(sitompul,hasibuan,panggabean,hutabarat,hutagalung dsb0
8.Naipospos(bagariang,situmeang,hutauruk,simanungkalit,marbun)

SIRAJA SUMBA
1.Simamora
2.Sihombing(silaban,lumban toruan,hutasoit,nababan)

SIMAMORA
dari istri boru Lontung bernama siboru Panggabean:
1.Purba
2.Manalu
3.Debata Raja(lebih dikenal dengan marga simamora)
dari istri boru pasaribu lahirlah
Tuan Sumerham

mengapa Simamora mempunyai 2 istri karena istri pertama lama opung boru pasaribu lama melahirkan keturunan sehingga beliau mempersunting oppung siboru Panggabean yang merupakan istri kedua

MANALU
1.Mangara Robean
2.Mangara dolok

Mangara Robean
1.Sorimungu
2.Ruma Gorga
3.Sigukguhi
4.Ruma ijuk
5.Ruma hole

MANGARA DOLOK
1.Ruma Butar

RUMA BUTAR
1.Paruma
2.Parreme
3.Datu Napunjung
4.Datu Soburion
5.Tukkot Manodo

92 komentar:

  1. knp nggak ada bang penjelasan yang lengkap dari marga manalu mangara robean.....................

    BalasHapus
    Balasan
    1. molo masalah penjelasan ni mangara robean dang pola huboto takkas abang,soal na au sian rumabutar..

      alai saotik sejarah ninna yang bersinggungan tu parpeak ni taromboni pinompar ni rumabutar..

      bahwa najolo hea do terjadi ketidakharmonisan antara pinompar ni manalu,molo masalah penyebabna dang pola binoto takkas na..
      alai molo sian nahea hubege ala masalah hak warisan do,,

      jadi tikkini ninna naeng do dilenyaphon abangna keturunan ni mangara robean rumabutar alai ditikkini holan rumahole do namembela rumabutar asa unang jadi dipusa..

      ditabunihon oppui rumahole ma ninna rumabutar tu kamar ni inantana ditikki ro akka abangnai mangalului sirumabutar tu jabuni si rumahole..

      jadi didok si rumahole ma bah lului hamu sude bagas dijabu on dang adong jolma selain anggi boru muna na modom dikamar an(hape sirumabutar do namarbulusan di kamar i)
      jadi ala sitokka do dihita halak batak mamasuki kamar ni anggi boruna,porsea ma nasida bahwa namarbulusan i adalah inanta ni rumahole..

      sian selamat ma sirumabutar sian parmaraan,jadi ido dalanna bahen marpadan rumabutar dohot rumahole..

      horas

      Hapus
    2. manalu aha do apara herwandy manalu..
      unang paila on apara manalu mangara robean.
      mangolu dope natua-tua ta apara?
      ima jo sukkun apara.
      di huta-tinggi/parmonangan (tapanuli utara) tugu ni manalu sedunia apara.
      disi do oppu ta na gogo i..

      Hapus
    3. sattabi ma jo appara ernest , ai dang na pola hian lomo roha manang tudia appara . mangkana manukkun au tu blog on . i do i appara dang na paila hon au disi ai dangsala manukkun iba , unang sok tau iba hape nol pengetahuan ni iba .
      mauliate ma saran ni appara i . ai au manalu rumaijuk nomor 16
      horas hita MANALU saluhut na .

      Hapus
    4. Horas..
      Adong do di hamu gombar ni tugu Datu siburion
      Molo adong, kirim da tu au
      Mauliate
      Tuhan yesus memberkati

      Hapus
    5. Alai manukkun majo tu akka damang,, ai boru aha do tahe istri ni oppungta manalu.. Mauliate

      Hapus
    6. Diatas sudah jelas kan!. Mangara Robean, anaknya hanya seorang, yaitu Rumah Butar. Rumah Butar anaknya 5 orang, sebagaimana diuraikan di atas. OK?

      Hapus
  2. saya termasuk batak cangkokan,, krn kurang paham ttg tarombo
    blog ini menambah pemahaman sya ttg sejarah/tarombo manalu

    BalasHapus
  3. jadi molo istri manalu boasa dang di baen,,, dohot rumahbutar,,, horas au rumahbutar datunapunjung,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manalu datunapunjung. No 17 au amang, sian hutatua.
      Molo katua no piga,jala sian dia huta ta?

      Hapus
  4. Kira² datunapunjung di bagi lg gak ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datu apunjung Mempunyai 4 anak : 1. Saniang Naga Porhas Tinggal Di Parmonangan desa hutatua, ada juga di Pakkat, 2. Saniang Naga tunggal tinggal di Parmonangan desa sisoding danDesa Lobusunut Hutatinggi, Saniang naga Laut tinggal di Dairi, Saniang Naga Pohan tinggal diporsea yaitu Butar-butar.

      Hapus
    2. Mantap amang sudarsono, adong dope dapot mu tarombo ta parhutatua tahe.???

      Hapus
  5. sada do hita akka raja dohot ina ta manalu i.
    molo adong pe na hurang takkas di hamu raja dohot ina ta manalu i,mulak ma hamu apala sahali tu bona pasogit jo.
    molo adong niatt raja dohot ina ta manalu lao mamboto sejarah ni marga ta i..

    #horas di hita manalu i

    sian manalu no.15

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Sattabi ma di hita saluhut na,, manukkun jo akka hahang doli.. Manang anggi niba. Aha do keturunan ni Paruma???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak ni paruma.1.op.panimbuk laut
      2.op.sungkunan.horas.

      Hapus
  8. untuk sekedar menambah wawasan kita sebagai generasi penerus marga manalu
    silahkan dibaca
    ricomanalusorimunggu.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Haccit ulu bah
    Mantap nai hape ate batak on
    Hape i baru sian sada partaromboan dope ningon ateh
    Boha muse na marga na lainna
    Salut oppung
    Jolma na bisuk do halak hita

    BalasHapus
  10. Apapun ceritanya kita tetap keluarga besar manalu.
    Horas au manalu rumaijuk no 16.

    BalasHapus
  11. Dison manalu rumahole. Horas ma dihita sudeeeee marga manalu na diportibion. 😄😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabung ke group fb manalu rumahole....

      Hapus
    2. Gabung ke group fb manalu rumahole....

      Hapus
  12. horas...
    au manalu R.butar no.17,naeng manukkun tu akka abang molo manalu si gukguhi tinggalna didia do
    mauliate!

    BalasHapus
    Balasan
    1. horas...
      au Manalu R.gorga no.13, naeng mangido tu angka abang niba
      bahen hamu jo tarobo ni manalu na singkat, padat dan jels
      mauliate.
      horas......

      Hapus
    2. Adong do di Huta Tinggi, adong di Simamora na Bolak jala adong do di Topang.

      Hapus
    3. Adong do di Huta Tinggi, adong di Simamora na Bolak jala adong do di Topang.

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas...
      au Manalu Sigukguhi no.15
      molo manalu sigukguhi on sian Desa Tipang Kec.Baktiraja Kab.HumbangHasundutan do asaLna na huboto
      MauLiate

      Hapus
    2. Sattabi itonan. Di dia do ito maringanan?.
      Molo asal ni Manalu Sigukguhi, sian Aek Raja Huta Tinggi do sebetulnya.Na di Tipang i, sian Huta Tinggi do ro tu rano ni ompuna Si Raja Sumba.

      Hapus
    3. Sattabi itonan. Di dia do ito maringanan?.
      Molo asal ni Manalu Sigukguhi, sian Aek Raja Huta Tinggi do sebetulnya.Na di Tipang i, sian Huta Tinggi do ro tu rano ni ompuna Si Raja Sumba.

      Hapus
  14. MENURUT ANDA BAGAIMANA DENGAN SIKAP SIKAP KHAS DARI MARGA MANALU? TRIMS

    BalasHapus
  15. MENURUT ANDA BAGAIMANA DENGAN SIKAP SIKAP KHAS DARI MARGA MANALU? TRIMS

    BalasHapus
  16. manalu sama lubis cocok gak

    BalasHapus
  17. Horas ma dihita. Au manalu sigukguhi no 16. Molo huta sigukguhi adong d simpang tolu. Huta naimbary, huta tinggi, dolok sanggul. Moga semakin kompak jala sukses be sude dah. Asa lam kuat hita marsitolongan. Molo adong na tu pekanbaru langsung ma dilului angka dongan tubu na da, horas

    BalasHapus
  18. Horas..manalu, rumabutar, datunapunjung, saniang nagatunggal, huta asli manalu dolok no 17, manukun molo nangkining toga manalu.. Inna mangalap boru parjolo boru pasaribu baru panggabean..artina sian paradataon anak ni op istri parjolo do sumerham baru pe sian istri paidua purba manalu simamora molo sian partubu do purba manalu simamor hape. .torus rumabutAr boru aha do nadialapna
    Horas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ido bah tutu, sian tubu ni pasaribu do sumerham inna. Berarti hita toga simamora apala abang ta do Sumerham ate?

      Hapus
    2. Ninna nasida doi. Alai molo panuturion ni angka natua-tua di Tipang, hol do ompung boru Pasaribu. Jadi ndang adong pinomparna. Sian ompung boru Siregar do adong, ina Purba, Manalu dohot.Debataraja.

      Hapus
    3. Ninna nasida doi. Alai molo panuturion ni angka natua-tua di Tipang, hol do ompung boru Pasaribu. Jadi ndang adong pinomparna. Sian ompung boru Siregar do adong, ina Purba, Manalu dohot.Debataraja.

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Horas...
    Au Manalu Rumaijuk NO 7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sattabi majo bo, aptikkos jo no mu. Au rumaijuk nagapadoha no 14 sian hutatinggi lumban simanalu lobu sunut. Unang pailahon.

      Hapus
    2. Bah,,,toho do on oppung, au manalu rumagorga no.16 do bah

      Hapus
  21. Horas ma dihita sude Manalu si saluhut portibi on..
    Au Manalu Ruma Hole

    BalasHapus
  22. Horas ma dihita sude Manalu si saluhut portibi on..
    Au Manalu Ruma Hole

    BalasHapus
  23. mengapa Simamora mempunyai 2 istri karena istri pertama lama opung boru pasaribu lama melahirkan keturunan sehingga beliau mempersunting oppung siboru Panggabean yang merupakan istri kedua ???

    Versinya beda Broo,,,Tn Sumerham / Br Siregar yang ke Lobu Tondang dengan Oppung dan mempunyai 3 Anak dan 1 Boru,,,itulah kami Marga Rambe ada Tugu nya di Pakkat dan Makamnya di Lobu Tondang, ada juga saya dengar Lontung si sia marina masia boruna Sihombing - Simamora (apakah itu yang dimaksud ?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adg do penjelasn spesifik ttg Manalu rambe? #nanya

      Hapus
  24. Salam damai.... au manalu rumaijuk no17..salam keluarga manalu sedunia...

    BalasHapus
  25. Salam damai.... au manalu rumaijuk no17..salam keluarga manalu sedunia...

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Horas... Au manalu ruma ijuk no 14, tapi baru 21 thn aku 😄

    BalasHapus
  28. horas di hita sude na
    au manalu ruma ijuk No.16 tinggal di tapanuli tengah

    BalasHapus
  29. Horas semuanya saudara saudariku,, tolong dong di buat grup nya di fb,, untuk semua MANALU ya,, ga ada yg terkecuali.. nanti aku langsung join, tolong ya, aku mengenal semuanya,, thx, JBU all

    BalasHapus
  30. Shalom Amang/Inang, aku mau tanya kalo Manalu Sorimungu dengan Butar Butar Simananti apakah ada parpadanannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syalom amang, setahu saya manalu ruma butar do na marpadan tu butar2 , tetapi jaman sekarang sudah dianggap semua manalu marpadan tu butar2 amang ,
      Maaf , itu lah versi yg saya ketahui , silahkan ditambai amang molo adong na hurang , horas

      Hapus
  31. Horas bah dihita saluhutna pomparan Manalu, au Manalu Rumaijuk no 15 Horas horas

    BalasHapus
  32. Horas ma di hamu sude tu akka ito,apara,inang uda,bapa uda,bapa tua,dohot namboru au manalu rumah ijuk no 16 sian haranggikgik hutatinggi Taput.asa tamba pengetahuan tarombo ta adong do group toga manalu sedunia di Facebook PTMBB (Punguan Toga Manalu Boru-Bere)Sedunia

    BalasHapus
  33. Horas keluarga besar Manalu .
    Aku Manalu Sigukguhi no.14
    Salam damai buat kita semua .
    Tuhan berkati .
    Syalom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas opung. ..au manalu sigukguhi no 16. ... sian aekraja.

      Hapus
  34. horas sian manalu rumabutar paruma no.16....
    salam marsitandan ma di hita saluhutna akka popparan simanalu.
    ������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku Manalu rumah butar no 17
      Tolong dulu tanyak yg Pande tarombo kita Manalu rumah butar

      Hapus
  35. Ai dang na adong Manalu rambe pra ?au manalu rambe do praa

    BalasHapus
  36. Sattabi diakka abang dohot bapa Tua.
    Au simanalu rumah hole no:17 sian pakkat.
    Mauliate atas blog on.
    Adong parningoton ni iba saotik
    Horas Ma dihita marga MANALU.
    #SIBOLGA (HUTA MELA 1)

    BalasHapus
  37. Kan marga Manalu ada beberapa macam,dari semua macam marga Manalu itu apakah ad yang bisa menikah dengan marga banjarnahor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya tdk ada lg jaman sekarang amang , tp klau mundur 20thn ke belakang , msh banyak amang

      Hapus
  38. Horas apara seluruhnya.
    Saya Manalu Rumabutar Tungkot Manodo no 16 dari Bakara. Saya lahir dan besar di Kec. Galang Kab. Deli Serdang.
    Dulu saya tugas di Porsea dan sekarang saya tugas di Tanjungbalai sebagai Jaksa.
    Sewaktu saya tugas di Porsea marga Butarbutar adalah Manalu Rumabutar.
    Kita sama dan tidak ada perbedaan. Bukan Marpadan tapi 1 darah, dan Butarbutar pun mengakui itu.
    Tapi dari cerita Opung saya di Bakara sebenarnya cuma Butarbutar Simananti lah yang masuk ke Manalu Rumabutar, cuma ada beberapa versi cerita kita dan versi cerita mereka. Bahkan sekarang mereka bukan lagi hanya Manalu Rumabutar saja tapi keseluruhan Manalu. Begitulah Butarbutar menganggap kita bagian dari mereka.

    Opung saya juga cerita Istri dari Manalu Rumabutar tidak diketahui boru apa dan berasal dari mana, tapi kalau istri dari Manalu Rumabutar Tungkot Manodo adalah Boru Sihombing Lumbantoruan. Itulah yang saya dapat dari Opung saya di Bakara.

    Padan Manalu adalah Banjarnahor
    Padan Manalu Rumabutar adalah Manalu Rumahole

    Manalu Rumabutar Tungkot Manodo kuburannya ada di Uluan Porsea, namanya di ubah menjadi Raja Sualohon,
    Tugu yang ada di Dolok Sanggul utk Manalu Rumabutar Tungkot Manodo adalah Togok Manodo bukan kuburan.


    Maaf sebelumnya saya menggunakan bahasa indonesia agar mudah kita pahami.


    Horas apara seluruhnya...

    BalasHapus
  39. Horas dihita saluhutna.
    Aku manalu rumahole no17.
    Mau bertanyak sedikit tentang marga rambe.kenapa marga rambe tidak ada dibuat dalam 1 cakupan toga simamora?
    Kenapa hanya,purba,manalu,dan debataraja??
    1 lagi, mungkin ini melenceng dari topik, kenapa namanya toga simamora? Sedangkan kita tau yang pertama lahir itu adalah purba, kenapa namanya tidak toga purba?
    Mohon penjelasannya, maaf karna menggunakan bahasa indonesia, biar jelas dan tidak membingungkan..
    Horas manalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas,saya manalu rumaijuk no 14. Yang saya tau, Kenapa tidak toga purba, kenapa toga simamora.karena dari toga sumba 2 anaknya, pertama simamora dan kedua sihombing. Simamora mempunyai 3 anak yaitu purba,manalu dan debataraja. Generasi purba,manalu,dan debataraja lah yang membuat parsadaan jadi toga simamora.

      Hapus
    2. Untuk Priandi Manalu. Terkait dengan pertanyaan adek mengenai tidak atau belum dimasukkan dalam Tarombo Simamora, persoalannya agak pelik dan sensitif. Secara garis besar dapat saya uraikan sedikit, sesuai cerita para pendahulu. Keturunan Sumerhan/Rambe, selama ini mengklaim dirinya sebagai anak dari Ompung boru Pasaribu dan juga mengklaim bahwa merekalah anak sulung dari Ompui Raja Simamora. Sebaliknya, keturunan Simamora yang ada di Humbang dan Toba, meyakini bahwa Ompung boru Pasaribu tidak memberikan keturunan bagi Raja Simamora. Sebagaimana diberitakan oleh pendahulu kita, ompui Raja Simamora, setelah dewasa, menikah dengan boru Pasaribu. Berhubung ompung boru Pasaribu tidak dapat memberikan keturunan, maka Ompui Raja Simamora, menikah lagi dengan boru Siregar. Dari pernikahan inilah lahir Purba, Manalu dan Debataraja. Jadi persoalannya adalah belum ada kesepahaman tentang hubungan kekerabatan antara Rambe dengan Toga Simamora menurut cara pandang Purba, Manalu dan Debataraja.
      Terkait dengan pertanyaan adek mengenai kenapa Purba tidak disebut Toga Purba sebagaimana penyebutan Toga Simamora. Dalam ini perlu saya sampaikan bahwa belakangan ini banyak orang yang salah kaprah terkait dengan istilah Toga. Ada orang yang menyebut sesuatu marga tertentu dengan pendahulunya dengan penyebutan Toga. Contohnya Toga Purba. Seolah olah Toga itu dianggap sebagai gelar keturunan/gelar kerajaan. Sesungguhnya Toga bukanlah gelar keturunan, tetapi gelar yang di berikan bagi persekutuan Marga dalam suatu garis keturunan, dimana antar marga yang ada dalam persekutuan Tersebut sudah kawin mawin. Contohnya kita Toga Simamora, sebagai persekutuan dari keturunan Marga Purba, Manalu dan Debataraja. Ketiga marga tersebut sudah saling kawin, maka Simamora sebagai persekutuan dari keturunan ketiga marga tersebut dikatakan sebagai Toga. Dalam hal ini, Purba walapun anak tertua dari Raja Simamora, tidak boleh disebut Toga Purba, karena mereka masih belum saling mengawani dalam kelompok Purba.

      Hapus
  40. Bisa gk pcran klo mamanya semarga
    Misal nya si cewek mama nya boru manalu rumah butar
    Trus mama si cowok manalu rumah ijuk.
    Dan tidak ada ikatan prsaudaraan.

    Saya hanya butuh jwbanya saya ito2
    Sekian dan trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya ito TIDAK BISA , di jaman sekarang , HORAS

      Hapus
  41. Au ditano parserahanon dang pola pahm au saluhutna soal tutarombo mulai sian toga simamora alai au marga manalu rumabutr pareme nomor 16 sian toga simamora no15 sian manalu,manukkun majo au tuhamu namamboto molo mambaen punguan manalu boi do baenon goarna toga manalu...? Molo boi tolong alasanna molo dang boi aha muse alasanna..mauliate gbu all.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boi do anaha mambaen punguan toga manalu, alai ikkon pinoppar ni oppu ta manalu, sian oppu ta mangara robean dohot oppu ta mangara dolok.Punguan Toga Manalu Boru Bere/Ibebere Se-.......
      Au manalu rumaijuk No 14

      Hapus
  42. Sumerham itu kok jdi ad, selama ini kemna yaa

    BalasHapus
  43. Horas di Hita saluhut na amang tua,opung,Uda,Manang Apara..
    Au Manalu rumabutar no18

    BalasHapus
  44. Namanukkun majo au tu akka abang niba,bapa tua niba dang op niba,au manalu rumabutar tukkot manodo.molo anakni tukkot manodo akka diama goarna. Mauliate

    BalasHapus
  45. Selamat,siang di hita sasude au marga boangmanalu ruma gorga keturunan datu etek,alai adong mandok parna songon dia do on amang?

    BalasHapus
  46. Horas
    Abang,bapauda,bapatua,pun!!
    Kalo aku mana Rumabutar paruma nomor 18

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sattabi di hamu natua-tuaku.
      Na manukkun majo au,songon dia do kisah ni manang cerita ni manalu asa marpadan tu banjar nahor.
      Au Manalu rumah butar no 17.
      Mauliate di Hita saluhut na popparan ni manalu.

      Hapus